Sejarah Satuan

  1. Terbentuknya Komatdam tingkat Kotama berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Kep-465/7/1971 tanggal 21 Juli 1971 tentang organisasi dan tugas Komat Kologdam. Dalam organisasi Komat Kologdam ini terdapat Biro Alzi, Biro Alhub tetapi tidak ada Biro Alang Air dan Biro Alsus Padahal pada tingkat Komat Kologdam ada organisasi bina Alang Air dan Alsus sehingga kesulitan bagi pelaksana di daerah bila ada permasalahan mengenai pembinaan baik pembekalan maupun pemeliharaan terhadap komoditi tersebut.
  2. Dalam rangka mendukung kegiatan yang erat kaitannya dengan pembinaan fungsi peralatan maka pelaksanaan reorganisasi tingkat pusat tidak dapat dipisahkan dengan reorganisasi tingkat daerah, lapangan maupun satuan merupakan ujung tembak sekaligus pelaksana-pelaksana utamanya dalam mengemban fungsi peralatan agar senantiasa dapat mendukung daya tembak dan daya gerak satuan-satuan TNI AD. Sesuai dengan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep / 581 / X / 1983 tanggal 17 September 1983 tentang perubahan sebutan Jawatan materiil TNI AD dan Jawatan materiil Kodam menjadi Paldam.  Selanjutnya dilaksanakan Paldam  untuk reorganisasi tingkat daerah bagi tingkat Kotama sesuai dengan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/77/X/1985 tanggal 28 Oktober 1985 tentang Organisasi dan tugas Paldam.
  3. Paldam IV/Diponegoro sejak tanggal 28 Pebruari 1985 menempati pangkalan baru yang beralamatkan di Komplek Makodam IV/Diponegoro Jl. Perintis Kemerdekaan Watu-Gong Semarang yang sebelumnya menempati pangkalan di komplek Makodam IV/Diponegoro di Jl. Tugu Muda Semarang